View-Master V: VIEWERS

Salah satu daya tarik utama dalam mengoleksi View-Master adalah viewer-nya yang sangat beragam. Ada lebih dari 20 macam viewer yang diproduksi sejak View Master pertama kali muncul pada tahun 1939 hingga saat ini. Sebagian besar viewer dinamai menurut abjad, mulai dari Model A hingga viewer terbaru produksi tahun 2000-an yang disebut Model O, meskipun ada pula Model 12 yang hanya diproduksi di Belgia, beberapa viewer khusus dari Discovery Channel, dan beberapa viewer terbaru. Menariknya, hampir semua model viewer ini compatible dengan semua reel View Master karena bentuk, format, dan ukuran reel tetap sama sejak mulai diproduksi tahun 1939 hingga sekarang.

Viewer model B

Viewer Model Bmodel-bb

Viewer tertua yang saya miliki ini diproduksi tahun 1946 dan bersama-sama dengan viewer Model A merupakan dua viewer paling awal yang berbentuk clamshell. Model ini cukup berat karena terbuat dari bakelite, suatu bahan plastik yang – menurut saya – serupa dengan bahan casing telepon rumah tahun 1980-an. Bahan ini digunakan untuk menggantikan viewer model A yang terbuat dari bahan lain yang lebih ringan namun setelah beberapa waktu mudah mmm… apa namanya…. menggeliat atau melengkung, kurang lebih begitu. Untuk memasang reelnya, viewer ini harus dibuka dulu, kemudian setelah reel terpasang, kedua sisi dikatupkan kembali, klik!

Viewer model C

model-c1Viewer produksi antara 1946 hingga 1955 ini juga terbuat dari bakelite. Konstruksinya berat dan kokoh sehingga menjadi viewer yang paling banyak dan paling mudah ditemukan dalam kondisi sangat baik hingga saat ini. Mulai model ini, reelnya dipasang dengan cara diselipkan ke dalam slot di bagian atas viewer.

light-attachment2model-c-lighted1

Pada tahun 1950, Sawyer memproduksi lampu pelengkap yang dapat dipasang di bagian depan viewer ini. Dengan lampu yang menggunakan 2 baterai ukuran D ini, viewer tidak perlu diteropongkan ke arah sumber cahaya. Perhatikan tombol merah di bagian atas untuk menyalakan lampu.

Viewer model E

model-e1

Viewer ini diproduksi antara 1955 hingga 1961 untuk menggantikan model C.

Viewer model F

model-famodel-fb1

Model F diproduksi antara tahun 1959 hingga 1966 dan merupakan viewer terakhir yang dibuat dari bakelite. Viewer ini menggunakan 2 baterai ukuran C untuk menyalakan lampu built-in di dalamnya. Lensanya memiliki perbesaran 5.5X sehingga gambar yang dihasilkan sedikit lebih besar dari pada viewer-viewer sebelumnya.

Viewer model G

model-g1

Viewer yang terbuat dari bahan plastik ringan ini bersama dengan viewer model L mungkin paling banyak dikenal di Indonesia. Viewer ini memiliki masa produksi yang panjang, dari tahun 1959 hingga 1977. Perhatikan berbagai varian model ini dalam hal warna, bentuk tuas pemutar reel, hingga ukuran kedua lubang masuknya cahaya di bagian depan.

Viewer model H

model-h

Viewer ini diproduksi sekitar akhir tahun 70-an dan memiliki lampu built-in di dalamnya.

Viewer model L

model-l

Viewer yang pertama saya koleksi dan salah satu yang paling banyak dikenal di Indonesia. Viewer ini memiliki masa produksi paling panjang, mulai 1977 untuk menggantikan model G hingga tahun 2000-an. Varian dari model L ini adalah viewer berbentuk ‘topeng’ Mickey Mouse, Batman, Big Bird, Casper, bahkan Power Rangers.

Viewer model M

model-mSalah satu viewer yang berbentuk unik produksi tahun 1986 hingga 1990.  Bagian depan viewer ini berupa plastik transparan yang memperlihatkan mekanisme di dalam viewernya.  Tidak seperti viewer-viewer sebelumnya yang menggunakan tuas di bagian samping, viewer ini menggunakan tombol yang ditekan untuk menggerakkan reel.

Viewer model N

model-nViewer ini diproduksi mulai tahun 1992 hingga 1998 dan merupakan viewer pertama yang made in China. Perhatikan tulisan ‘Lighted’ di bagian bawah depan. Lighted? Ya, viewer ini cukup unik karena bisa digunakan dengan 2 cara: diteropongkan ke sumber cahaya, atau menggunakan lampu built-in di dalamnya. Alat ini dijalankan dengan 2 baterai ukuran AA.

Viewer model O

model-oViewer model inilah yang saat ini dapat dijumpai di banyak toko mainan anak di Indonesia. Viewer ini memanfaatkan cahaya yang datang dari atas sehingga tidak perlu diteropongkan ke arah sumber cahaya. Fisher Price mulai memproduksi viewer model ini pada tahun 2000. Sebagaimana lazimnya produk China (ehm!), ada banyak cacat produksi pada model ini, jadi jika Anda berminat untuk membelinya, cobalah satu persatu untuk mendapatkan produk yang bagus dan nyaman digunakan.

talking1sound-reel

Salah satu varian model O adalah View Master Super Sounds Viewer. Reel set khusus untuk View-Master Super Sounds dikemas dalam cartridge yang memiliki sound chip di ujungnya. Untuk mendapatkan efek suara di setiap gambar, cartridge diselipkan ke dalam slot di bawah viewer, sementara reelnya diselipkan ke dalam reel slot. Karena ukuran dan format reelnya tidak berbeda, reel biasa tetap dapat dipasang pada viewer ini.

Virtual Viewer

virtual-viewer1Viewer ini juga dibuat di China pada tahun 2000-an. Kualitas bahan dan lensanya kurang bagus, demikian pula – setidaknya milik saya – reel yang dipasang di viewer ini kadang-kadang tidak berhenti dengan pas. Meskipun demikian viewer ini menghasilkan gambar yang lebih besar dari viewer-viewer sebelumnya.

Talking View-Master Viewer

talking-2

Viewer produksi 1997 ini tidak menggunakan reel melainkan sebuah cartridge yang berisi 16 gambar 3-D. Untuk mendapatkan efek suara dari setiap gambarnya, kita harus menekan tombol kecil putih di sebelah kiri. Sepanjang pengetahuan saya, hanya ada 4 cartridge yang diproduksi untuk viewer ini: Batman & Robin, Jurrasic Park – The Lost World, The Wubbulous World of Dr. Seuss, dan satu lagi yang belum saya miliki: Winnie The Pooh. Viewer ini dioperasikan dengan 3 baterai ukuran AAA.

Discovery Channel View-Master Viewer

discovery2discovery-channel

Bekerja sama dengan Discovery Channel, View-Master tidak hanya menghasilkan reel-reel khusus pengetahuan, tetapi juga beberap viewer berbentuk binocular, telescope, bahkan microscope. Selain untuk melihat gambar 3-D melalui reel View-Master, viewer-viewer ini juga dapat digunakan sebagaimana fungsinya sebagai teropong dan mikroskop.

36 Balasan ke View-Master V: VIEWERS

  1. iful3d mengatakan:

    Mas Andre, kalo tidak salah ingat ketika jaman model G lagi populer, waktu itu ada iklan ttg projector viewmaster. jadi isi Reel View Master diproyeksikan ke layar. Benar ngga ya?

  2. andre mengatakan:

    Wah, inget ada iklannya juga ya? Hebat. Saya malah gak pernah ngerti tuh. Tapi bener banget Mas Iful ada macam2 projector keluaran Viewmaster, kebanyakan projector 2D, tetapi ada satu projector 3D yang dilengkapi kacamata polarisasi khusus, namanya Stereomatic 500.

  3. aryo mengatakan:

    Wah, jadi inget masa kecil nih.
    Btw, view-master begini cari dimana ya di jakarta??

  4. inok mengatakan:

    itu semua anda punya?
    yang model L ada yg mau dijual gak?
    gue mau tuh …

  5. andre mengatakan:

    @Aryo: Sekarang ada model O di toko2 mainan anak2 semacam Kids Station atau bahkan di Carrefour.
    @Inok: Betul itu milik saya semua. Ada beberapa yang dobel malah, jadi sebagian mau saya jual, tapi masih didata dulu. Terima kasih sudah berkunjung🙂

  6. inok mengatakan:

    Mas, saya minat yg mode L. Kalo bisa yg warna hitam atau merah. Boleh? Kalo boleh detailnya kirim ke email saya mas inokjune@yahoo.com

    thanks🙂

  7. deddy otara mengatakan:

    Om Andre…apa kabar…yang kembar apa aja nih?? Boleh dong om…pingin komplitin modelnya nih…

    salam
    deddy otara

  8. defayudina mengatakan:

    Om,tlg info dong. Saya mau bikin kado,gambarnya mau diisi foto2. Jelasin dong..
    Email saya dedek_defhakoe@yahoo.com

  9. Sandra mengatakan:

    Mas, kalau mau nyari reel-reel nya bisa didapat di mana ya?thanks ya. Kalau view masternya ada yang mau dijual saya mau dunk heheheh. thanks ya

  10. Sandra mengatakan:

    Thanks atas infonya Mas,
    Kalau ada yang mau dijual saya diinfo yak…terus kalau mau beli reel-reel nya dimana ya? thanks

  11. Sandra mengatakan:

    Kalau mau nyari View Master Super Sounds Viewer dimana ya Mas? thanks ya

  12. andre mengatakan:

    @defayudina: sangat sulit untuk bikin reel sendiri, karena dibutuhkan alat-alat khusus: kamera khusus view-master (yang terakhir diproduksi th 1960-an), alat pemotong film khusus untuk view-master, alat untuk menyisipkan film yang sudah dipotong ke dalam reel kosong, dan reel kosong tentunya.
    @Sandra: Viewer dan reel-reel terbaru bisa didapat di toko mainan (saya pernah lihat di Kidz Station dan Carrefour), sementara yang supersound viewer belum pernah saya lihat ada dijual di Indonesia.

  13. Farrah mengatakan:

    mas andre saya mau tanya, gmana caranya buat isi fotonya sendiri?
    saya pernah liat di film Indonesia, Queen Bee, kyknya gmpang bgt buatnya tinggal masukin foto. foto yg dimasukkan itu foto biasa saja tidak perlu cetak khusus atau gmna?
    thanks bgt infonya..
    kalo ada yg dobel atau mau dijual kameranya, saya mau dong..hehe

  14. Farrah mengatakan:

    mas andre saya mau tanya, gmana caranya buat isi fotonya sendiri?
    saya pernah liat di film Indonesia, Queen Bee, kyknya gmpang bgt buatnya tinggal masukin foto. foto yg dimasukkan itu foto biasa saja tidak perlu cetak khusus atau gmna?
    thanks bgt infonya..
    kalo ada yg dobel atau mau dijual kameranya, saya mau dong..hehe

  15. apelgede mengatakan:

    mas aku mau donk klo ada yang doble. boleh minta no telp nya mas, via email

  16. andre mengatakan:

    Farah dan Apelgede, saya memang pernah dengar di Queen Bee ada view master, tapi saya belum pernah nonton filmnya (ingetin ntar sore ke Odiva, hehe). Yang jelas, butuh seperangkat peralatan khusus untuk membuat cakram film itu, mulai dari cakram kosong, kamera stereo, pemotong film agar pas dengan cakramnya, hingga alat untuk menyisipkan potongan film ke dalam cakram. Semua alat ini sudah tidak diproduksi lagi, jadi yaaa… gitu deh😛. Saya memang punya beberapa film dan viewer yang dobel. Silakan kontak di andre_purnomo@hotmail.com. Terima kasih ya

    • kumala mengatakan:

      Salam kenal mas Andre….Tahu tempat beli reelnya di Indoesia di mana selain di toko mainan yang Anda sebutkan? yang di toko mainan semuanya gambar kartun. Saya cari yang gambar pemandangan. Thanks.

  17. alan mengatakan:

    mas..cara buat reel slide fotonya gimana ya pnasaran..
    dulu pernah punya oleh2 haji.

    skarang nyari yg jual susah bgt..

  18. René mengatakan:

    Saya mau memperkenalkan diri saya kpd para komentator. Saya tinggal di Belanda dan juga seorang penggemar item viewmaster dan True Vue. Salam kenal !

  19. René mengatakan:

    Mbak Sandra,
    Kalau reelnya sih, di sini (Belanda)banyak.Mulai dari awal 1950 sampai sejauh saya ketahui 1998 atau mungkin jg ada yg lebih muda. Kalau yg baru biasanya ada di toko mainan. Subjectnya untuk anak2. Tahukah anda, bahwa sekarang ada viewmaster untuk studi. Canggih deh.Bisa dibeli di “Viewmaster Queen” Netherland. Tapi jgn tanya harganya. Kepada semua penggemar Viewmaster, kalau mau berhubungan dgn saya : r.manneveld@gmail.com atau liwat Facebook. Salam hangat kpd Semuanya ,René.

  20. gambar 3d mengatakan:

    wah bagus bagus iia

    inget msh punya tuch
    tp oleh-oleh dri arab sich
    ga tau merk pa

    lou d bndung da ga iia

  21. mey mengatakan:

    mas andre dkk, mungkin bs bantu dimana di Jakarta bs dapetin view master tsb dgn foto kita sendiri? makasih..

  22. andre mengatakan:

    Mey, di Indonesia belum ada jasa pembuatan reel viewmaster custom.

  23. tinthan mengatakan:

    kalo d jawa timur dimana yah iz dptin kamera na m reel yg iz isi poto qta ndri kaya d pilm queen bee?????ty

  24. tinthan mengatakan:

    mohon bantuan na yah ka’ pengen bgd dptn view master

  25. Bayu Stiawan mengatakan:

    view masternya ada yg dijual ngga mas andre?

  26. andre mengatakan:

    Ada, juga reel2nya. Saya sedang siapkan untuk saya jual via Kaskus. Tunggu saja. Tks ya

  27. Bayu Stiawan mengatakan:

    yg mana yg dijual? saya minat mas

  28. yohanes mengatakan:

    alow saya jual view master model G di kaskus..
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10784428

  29. Kurnian Febri mengatakan:

    klo reelnya bisa dari foto2 sendiri gak mas?
    minat ngoleksi nih

  30. andre mengatakan:

    @kurniawan, pada prinsipnya bisa, hanya saja Anda perlu kamera khusus dengan film khusus dan alat khusus pula untuk memasang foto2 Anda di reelnya. Saat ini di Indonesia saya rasa belum bisa.

  31. melinds mengatakan:

    Mas Andre, kalo reel nya susah custom di Indonesia, kira2 kalo di luar harganya berapa ya? Trus alat2 buat bikin gambar di reelnya itu masih ada yang jual ga ya? Excited buat jadiin peluang usaha ni reelnya. Thanks before.

  32. andre mengatakan:

    Hm.. kalau di luar bisa sekitar 60 euro per reel. Kalau mau lakukan sendiri, pertama2 butuh kamera khusus untuk viewmaster, lalu film cutter, reel kosong, lalu inserter untuk memasukkan potongan film ke dalam reel. Semuanya sudah tidak diproduksi lagi 😦. Coba cari di ebay, tetapi untuk bisa dapat semua peralatan lengkap ini saya rasa perlu dana sekitar 500 dollar US, belum termasuk ongkos kirim dan tentu saja bea masuk.

    • melinds mengatakan:

      iya kemarin aku langsung cari di ebay. ada tapi udah sold. aku cari ada jasa pembuatan reel tapi di luar, dan harus banyak ga bisa satuan😦 . oke deh, thanks ya mas andre info-infonya😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: