View-Master: Retro? Tidak juga…

Mungkin bagi sebagian besar dari kita istilah View-Master, atau Viewmaster, atau View Master (ejaannya memang bermacam-macam) tidak berarti apa-apa. Tapi saya yakin Anda yang lahir tahun 70-an hampir pasti kenal ‘mainan’ ini: sebuah alat mirip kamera yang ketika diteropongkan ke arah sumber cahaya dapat menampilkan berbagai foto/gambar dalam 3 dimensi.
Viewer model L keluaran th ‘90-an Model G dengan reel

Untuk melihat gambar 3 dimensi dengan View-Master ini dibutuhkan sebuah View-Master viewer (alat yang berbentuk seperti kamera/teropong) dan View-Master reel (cakram berisi slide-slide di sekelilingnya). Sepanjang pengetahuan saya, viewer yang didistribusikan di Indonesia pada tahun ’70-an adalah yang berwarna merah putih dengan ujung tuas warna biru. Di negara asalnya (Amerika), viewer ini disebut viewer model G. Selanjutnya pada tahun ’80-an masuklah viewer model baru berwarna merah dengan tuas warna oranye. Hampir mirip seperti yang saya punya dalam foto di atas, hanya saja tuasnya tidak gepeng, tetapi bulat seperti kelereng. Ini adalah viewer model L. Pada bagian atas viewer terdapat sebuah slot untuk menyisipkan reel berisi 14 slide film yang dapat menghasilkan 7 gambar 3 dimensi. Tuas di sisi kanan viewer berfungsi untuk memutar reel sehingga gambar-gambar yang ditampilkan dapat berganti-ganti.

Reel

Saya pertama kali mengenal mainan ini waktu SD, kira-kira 25 tahun yang lalu. Ketika itu sepupu saya mendapat hadiah dari kakaknya sebuah View-Master viewer warna merah dan setumpuk reel berisikan gambar-gambar Disneyland dan film-film kartun. Yang saya ingat waktu itu gambar-gambarnya bagus sekali, tetapi saya sama sekali tidak menyadari bahwa gambarnya dalam 3 dimensi. Bagaimanapun pengalaman itu tersimpan dalam memori saya. Bertahun-tahun kemudian, saat masih kuliah di Bandung pada sekitar akhir ’90-an saya melihat alat ini lagi di sebuah toko mainan impor di sebuah mal.  Saya ingat sekali harga viewer-nya Rp 24.500 plus bonus 1 buah reel berjudul Winnie the Pooh and The Honey Tree.  Nah, inilah koleksi View-Master pertama saya.  Harga reel-nya sendiri per setnya (isi 3 buah reel) Rp 29.900.  Reel yang tersedia di Indonesia waktu itu hanya bertemakan film-film kartun, terutama Disney: mulai dari Hunchback of Notre Damme, Aladdin, hingga Dinosaur. Semuanya dikemas dalam blister pack berisi 3 reel.  Rupanya alat ini dimaksudkan sepenuhnya sebagai mainan anak-anak sehingga reel-reel bertemakan tempat-tempat wisata seperti Disneyland atau Grand Canyon sudah tidak lagi didistribusikan Indonesia.

Reel dalam kemasan blister pack

Sesungguhnya pada awalnya View-Master diciptakan sebagai “barang serius.” Alat yang diciptakan oleh William Gruber pada tahun 1939 ini bahkan pernah digunakan dalam pelatihan militer AS semasa Perang Dunia II untuk mengidentifikasi berbagai jenis kapal dan pesawat! Selanjutnya View-Master dijual di berbagai tempat wisata di AS sebagai suvenir bagi pelancong.  Alat ini pernah muncul di berbagai film, video klip, iklan, bahkan menjadi undangan pesta selebritis. Koleksi reel-nya pun berjumlah ratusan, bahkan ribuan set dengan ruang lingkup yang sangat luas: mulai dari pemandangan alam, tempat wisata, film kartun anak-anak, film serial televisi, film layar lebar, hingga ilmu pengetahuan dan peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah. Hingga tahun ’70-an setiap reel set (set berisi 3 reel) dilengkapi dengan buklet berisi penjelasan mengenai setiap gambar, layaknya ensiklopedi dalam 3 dimensi. Beberapa reel set bertemakan Nations of the World bahkan di dalam kemasannya disertakan selembar perangko dan sekeping mata uang dari negara yang bersangkutan.

Reel set travel series keluaran th ‘60-an Buklet dalam reel set Reel set dengan koin dan perangko

Keanekaragaman itulah yang menyebabkan View-Master memikat hati ribuan kolektor di seluruh dunia. International Stereoscopic Union memperkirakan ada 2000 hingga 3000 kolektor serius View-Master di seluruh dunia. Bukan hanya reel set-nya saja yang layak dikoleksi, viewer-viewer-nya yang berjumlah sekitar 20 macam juga sangat menarik untuk dikoleksi. Hebatnya, bentuk reel sejak pertama kali muncul tahun 1939 hingga produksi saat ini tidak pernah berubah sehingga bisa dipakai dalam semua jenis viewer. Ke depan, saya akan mengulas lebih detil mengenai koleksi reel dan viewer-viewer yang telah saya kumpulkan.

Sayang sekali, sekarang ini untuk mencari “mainan jaman dulu” ini di sini sangat sulit. Kebanyakan telah rusak atau hilang. Tentu saja, anak kecil mana bisa meng’handle‘ benda kecil ringkih berisi slide-slide film seperti ini. Kalau tidak dirobek, ya dilempar-lempar, ketumpahan makanan, atau hilang. Distribusi View-Master di Indonesia pun entah kenapa terhenti pada sekitar awal 2000-an.  Jadi bayangkan susahnya berburu sisa-sisa koleksi ini di Indonesia.  Mungkin itu sebabnya banyak orang menganggap View-Master adalah barang ‘retro’ meskipun sebenarnya tidak karena hingga saat ini pun masih terus diproduksi. Saya sendiri sangat beruntung karena saudara sepupu saya yang tinggal di Amerika mau berbaik hati menolong saya mengumpulkan sebagian besar koleksi saya.  Jadilah kumpulan koleksi saya seperti dalam foto-foto seperti di atas…

Di Indonesia sendiri, baru pada akhir tahun 2007 lalu saya dapati View-Master model terbaru mulai masuk lagi. Viewer-nya telah bermetamorfosis, jadi tidak perlu diteropongkan lagi ke arah sumber cahaya, cukup digunakan di bawah lampu saja.  Bagusnya, leher tidak pegal-pegal lagi🙂 .  Slot untuk menyisipkan reel juga berpindah ke depan. Viewer model O ini menghasilkan gambar yang lebih besar dari viewer model G dan L.  Sayangnya, kita harus pintar-pintar memilih viewer karena banyak yang alignment-nya tidak pas sehingga kurang nyaman digunakan.  Nah, kalau viewer-viewer jaman dulu masih made in USA, sekarang made in China… hehehe… jadi itu to penyebabnya…. Harga viewer-nya?  Rp. 99.500, dan reel-nya Rp 59.500 per set.  Ck..ck..ck..

Viewer model O

35 Balasan ke View-Master: Retro? Tidak juga…

  1. Miftahalzaman mengatakan:

    Saya memiliki View Master model G yang dibelikan orang tua saya mungkin sekitar 30 tahun yang lalu. Kondisinya masih sangat baik meskipun reel filmnya sudah jamuran. Reel film yang saya miliki adalah pemandangan di Virgin Island, USA, dan sebuah “introductory reel” yang berisi informasi tentang produk View Master lainnya. Waktu itu, karena masih anak kecil, saya tidak menyadari bahwa View Master memiliki reel-reel yang lain. Kemudian, ketika sepupu saya pindah rumah, saya menjadi tahu ternyata sepupu tersebut juga memiliki reel-reel lain, namun sudah dalam kondisi memprihatinkan. Banyak yang jamuran, terkena air, terkena obat merah, film mengelupas, dan sebagainya. Namun sebagian masih bisa dilihat. Saya “mewarisi” reel-reel rusak tersebut. Topiknya tentang tempat-tempat suci dalam Islam, Kebun Binatang San Diego, dan Popeye the Sailorman. Baru setelah itu saya menyadari bahwa ada reel view Master yang lain, meskipun keinginan untuk membeli reel yang lain itu tidak begitu besar sebab waktu itu saya sudah mulai remaja. Saya pernah lihat sebuah toko foto di Jalan Kertajaya menjual reel-reel lain, satu paket seharga Rp. 31 ribu. Untuk ukuran kami waktu itu sudah cukup mahal rasanya. Jadi tidak beli. Setelah itu saya tidak lagi memiliki perhatian pada View Master saya dan reel-reelnya, walaupun kadang kala muncul sedikit keinginan di mana kira-kira saya dapat membeli reel yang lain. Oleh karena saya menduga bahwa View Master itu mainan saya waktu masih anak-anak di tahun 1970an, besar kemungkinan sudah sangat langka, mungkin juga sudah tidak diproduksi lagi, dan bakal susah untuk mendapatkan reel-reelnya. Kalaupun ada pastilah mahal. Saya akhirnya melupakannya.

    Nah baru belakangan ini, ketika sudah ada internet, saya baru tahu ternyata View masih diproduksi, dan reel-reel lain dengan beragam tema seperti dulu juga masih diproduksi pula. Dengan ikut milis stereofoto saya mendapatkan informasi baru tentang View Master yang ternyata merupakan mainan “abadi”. View Master model O yang saya lihat di pasaran sekarang terasa lebih ringkih. Tidak sekokoh model G. Kebanyakan reel juga tentang kartun anak-anak (Dora atau Spongebob), dan itupun tidak ada teks pada reelnya seperti reel yang saya punya. Jadi kita tidak tahu cerita adegan dalam foto yang kita lihat. Saya tak tahu apakah hanya kebetulan pada reel yang saya temukan di toko mainan ataukah semua reel produksi sekarang memang demikian adanya. Sungguh sayang kalau di Indonesia tidak dipasarkan reel bertema “serius” seperti yang dulu pernah ada.

  2. andre mengatakan:

    Reel2 yang jamuran mungkin bisa dibersihkan dengan cotton bud yang dibasahi kemudian langsung diusap dengan cotton bud kering. coba saja mas, punya saya juga begitu dan bisa bersih lagi, kecuali yang sudah tergores-gores.

  3. iful3d mengatakan:

    Beberapa minggu yg lalu saya dapat oleh2 dari teman yg habis pulang haji, yaitu viewmaster dan 4 buah reel-nya yg berisi gambar2 ttg Mekah. Viewmaster ini (buatan china) diproduksi dng kualitas yg tidak bagus. Tapi cukup uniklah untuk dikoleksi. Dan reelnya berisi foto-foto sekitar kota Mekkah, mesjid dan Ka’bah. Walupun produk baru, ternyata foto-foto tsb adalah repro dari foto lama.

    BTW, apakah pernah coba mencari di eBay….atau …di stereoscopy.com? Banyak juga reel-reel yg ‘serius’ dilelang. Sayangnya, saya ngga pernah beli di eBay..cuma bisa lihat2 dng gemes

  4. andre mengatakan:

    Wah, saya sebenernya juga lagi nyari Viewmaster dari Mekkah itu, cuma gak kenal orang yang mau naik haji…. Kalau ada lagi yang mau ke sana, saya pengen juga nitip nih, Mas.
    Ya, sebagian besar koleksi saya memang saya dapat dari ebay. Tapi saya punya beberapa pengalaman tidak enak. Yang pertama, pesanan saya hilang dlm perjalanan, jadi sampai sekarang saya tidak pernah terima. Yang kedua, beberapa reel yang saya pesan rusak oleh bea cukai. Ini dugaan saya, soalnya ada reel yang dipotong pake gunting, ada lagi yang dibelah (bener-bener dibelah!) hingga slide2nya berjatuhan…. Yang terakhir, saya pesan paket isi beberapa viewer, tapi sampai di sini isinya hilang satu, yang paling bagus lagi: viewer berbentuk kepala Batman. Mestinya ini ulah oknum bea cukai juga, ya. Waduuh….
    Itu dia, sekarang saya cuma nitip sama saudara saya. Jadi, kalo ada yang pulang ke Indonesia dititipin. Lebih aman, tapi nunggunya itu….hehehe…

  5. gina mengatakan:

    andre, tanya dong, kalo disini ada yg jual dimana ya, saya cumn pny viewernya doang, reelnya udah rusak.. beli daimana ya.. dan hrgnya kira2 brp per pack ya ..:)
    thanks

  6. andre mengatakan:

    Saya lihat ada di toko2 mainan impor, macam Kidz Station. Kalau di Semarang, ada juga di salah satu toko di Citraland belakang McD kalau tidak salah. Seperti yang saya tulis di atas, harga reelnya per pack rp. 59.500 (isi 3 reel). Itu saya lihat sekitar November taun lalu. Reelnya berupa blister pack koleksi film-film kartun atau anak-anak. Btw, saya punya lumayan banyak reel2 yang dobel. rencananya mau saya jual sih, cuman belum sempat inventarisasi. Kalau berminat, boleh kontak saya.🙂

    • feet mengatakan:

      Halo, saya berminat mau beli reel sama view master nya kalo dijual. hehe. ada reel apa aja? Thanks ya.

      • René mengatakan:

        Halo sdr Feet,

        Kalau anda betul seorang penggemar View
        master di hati , maka saya akan kirim 1 set
        reel dan viewernya dari sini (belanda).
        Hanya untuk percobaan saja, apakah keterima
        atau tidak di Indonesia. Gratis !
        Hubungi saya liwat r.manneveld@gmail.com.
        Salam,
        René alias Oom Yonkie.

  7. IWAN mengatakan:

    Mas kalau mau pesan reelnya dengan gambar dari kita dimana yaa, trims

  8. andre mengatakan:

    Di Indonesia belum ada jasa pembuatan custom view-master reel, tetapi di Amerika sendiri setau saya ada beberapa situs yang menawarkan jasa ini. Anda bisa googling dengan keyword “custom view-master reel.” Tetapi tentu saja harganya mahal. Sebetulnya, View-Master mengeluarkan kamera khusus beserta perlengkapannya (film cutter dan blank reel) bagi penggemar View-Master yang ingin membuat sendiri reel-reel ini. Sayangnya, sekarang sudah tidak diproduksi lagi, mungkin terakhir dikeluarkan tahun ’60-an. Reel2 kosong yang siap untuk diisi slide ini juga sekarang harganya sangat mahal, karena sudah tidak diproduksi lagi sehingga sangat langka. Harga yang ditawarkan di ebay sekitar US$30 per pak isi 6 reel kosong (blank reel).

  9. Rudy Darmawan mengatakan:

    Saya juga punya viewer model G dan L, waktu itu tahun 70an saat saya SD. Seingat saya koleksi reel waktu itu punya sekitar 20 judul. Saat ini anak saya juga saya belikan model O berhubung viewer lama saya sudah rusak. Saya beli viewer tsb di Petra Toys Kelapa Ganding Mal. Sayangnya reel yang dijual disana hanya cartoon, sedang anak saya lebih suka scene pemandangan alam dan travel. Mas andre bisa kasih info dimana cari reel tema pemandangan di Jkt? Thanks sebelumnya…

    • andre mengatakan:

      Mas Rudy, di Indonesia, saya sendiri belum pernah menemui ‘scenic reel’ dijual di toko mainan anak-anak. Yang ada hanya reel-reel kartun.
      Sayang sekali, awal Maret 2009 ini View-Master mengumumkan akan menghentikan produksi ‘scenic reel’ karena semakin menurunnya penjualan reel-reel pemandangan. Jadi, yang akan terus diproduksi adalah reel-reel animasi anak2 macam Dora the Explorer, dsb. Setau saya, bahkan di AS pun toko-toko semacam WalMart, Target dsb. hanya menjual reel-reel kartun, sementara ‘scenic reel’ hanya dijual di tempat2 wisata atau di toko-toko online yang menjual ‘3-D stuff’ dengan harga US$ 5 – 10 per reel set.
      Anda dapat juga mencari di ebay untuk reel-reel bekas dengan harga yang lebih murah, atau lebih mahal jika reel tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Itu yang saya lakukan.
      FYI, saya sendiri berniat menjual sebagian koleksi reel set saya, termasuk seri pemandangan dan science series, hanya saja belum sempat saya data😛. Boleh juga kontak saya jika berminat.

  10. Rudy Darmawan mengatakan:

    Thanks Mas Andre atas infonya.
    Ya, sayang sekali kalau scenic reel sdh tidak diproduksi lagi. Kami lebih suka tema pemandangan karena lebih berkesan seolah kita hadir di tempat itu (tanpa keluar biaya transport). He..he..
    Saya ingat dulu pernah punya favorit 1 keping reel bonus pembelian viewer type G. Slah satu gambarnya tentang petani Afrika sedang menjemur kopi.
    Mungkin foto/gambar itu biasa saja, tapi inilah yg paling saya kenang setelah 30 tahun lebih.

  11. andre mengatakan:

    Betul sekali Mas Rudy, memang dengan View-Master kita bukan hanya melihat foto, tetapi seolah-olah sedang berada di tempat itu, hehe…
    Btw, reel itu yang ada gambarnya Mt. Everest, Hiu, dll bukan Mas? Judulnya: What In The World Do YOu Want To See? Kalau berminat, saya punya, agak ‘bubbling’ sih reelnya tapi foto2nya masih bagus, jelas, dan warnanya tidak pudar.

  12. Rudy Darmawan mengatakan:

    Ya, betul judulnya itu. Kebetulan dua minggu lalu saya sempat pulang ke kampung halaman di Jateng. Iseng-iseng saya cari di gudang yang kayak kapal pecah. Alhasil ketemu reel-reel lama, tapi kondisinya juga udah kurang bagus, meski masih bisa ditonton. Ya lumayanlah, buat obat rindu masa kecil.
    Karena lihat reel-reel lama itu, tadi siang anak saya minta dibeliin reel baru. Jadi saya ajak ke Petra Toys dan Kidstation di Mal Klp Gading.
    Oh, ya sekedar info aja, koleksi saya:
    – America’s Man In Space
    – Shazam!
    – Barbies Great American Photo Race
    – Wolf Man
    – Popeye
    – The Conquest of Space
    – Buck Rogers
    – Planet of the Apes
    – Wonders of the Deep
    – Star Trek: Mr. Spock’s Time Track
    – The Wild Birds
    – Land of the Lost
    – Superman II
    – Pete’s Dragon
    – The Woody Woodpecker Show
    – Butterflies of North America

    Ngomong-ngomong Mas Andre mau jual reel lama dgn harga berapa? Kondisi masih bagus?

  13. andre mengatakan:

    Wah-wah, judul2nya mantap tuh Mas Rudy. Saya baru tau ternyata science series juga beredar ya di Indonesia.. atau dulu belinya di LN?
    Ya, sebagian besar reel2 saya kondisinya masih cukup bagus, meski sisanya ada gambar2 yang kotor atau berubah warna. Soal harga, hmm…. mungkin kalau yang reel kartun saya jual 25rb-an ya, sedangkan yang scenic di atas itu… coba nanti saya bikin listnya plus gambaran kondisinya. Email saya andre_purnomo@hotmail.com. Btw, 2 bulan lalu, saya lihat di kids station Jogja harga reelnya per set Rp. 69.000. Betulkah?

  14. deddy otara mengatakan:

    Om, salam kenal…saya juga punya view master 2 bh. Satunya made in China dan satunya lagi GAF. Jadi seneng ketemu blog ini..merasa punya temen..hehehe…
    reel kartunnya masih punya banyak om? saya jadi ikutan minat nih…:)

  15. irwanTawa mengatakan:

    Hallo, salam kenal semua,
    walaupun kita sudah berumur…, tapi masih juga ya, teringat kenangan masa kecil/muda kita….
    saya juga ada koleksi gaf “King Kong” thn 1976, ada Superman The Movie, Hawaii Five-O, Mannix, The six million dollar man, Tron, Batman.
    Kalau saya ada waktu nanti saya scan kan gambar-gambarnya dari reel tsb.

  16. andre mengatakan:

    @Ded, koleksi Anda mantap benar! Mungkin kita bisa barter ya…😀
    @Irwan, sip! Koleksinya asik tuh! Scan aja Mas Irwan.

  17. iNa' mengatakan:

    mas.. aq pengen reel kosong, yang bisa kita isi pake poto yang kita pengen,, ada info ga ya belinya dimana.. ?? aq pernah liat di film queen bee keluaran tahun 2009, dia ada film sendiri trus dipotong sendiri trus di tempel deh di reel yang masih kosong… pengen .. dimana ya bisa dibeli??

  18. andre mengatakan:

    Ina, sangat sulit untuk bikin reel sendiri, karena dibutuhkan alat-alat khusus: kamera khusus view-master (yang terakhir diproduksi th 1960-an), alat pemotong film khusus untuk view-master, alat untuk menyisipkan film yang sudah dipotong ke dalam reel kosong, dan reel kosong tentunya. Reel kosong ini kadang2 dijual di ebay dengan harga yang wah! (US$ 5 per keping!). View-Master ada di Queen Bee??? Wah, saya musti nonton dulu tuh. Tks infonya yaa…

  19. iNa' mengatakan:

    hehe.. iyya iyya… tapi bentar doang nongol di queen bee nya ..😀 hmm,., kameranya kira2 ada yang jual ga ya n alat2 laennya😀 pengen euy,,

  20. andre mengatakan:

    Hmm… kamera dan alat2 lainnya kadang2 masih dijual di ebay. Kalau komplit mungkin bisa sampai USD 500 (mahal sekali ya). Tetapi Anda akan berhadapan dulu dengan bea cukai karena maksimum harga barang yang bebas bea masuk adalah USD 50. Rasanya mendingan lupain aja deh😛

  21. tinthan mengatakan:

    dmn ka’ iz order view master??????

  22. Yudha mengatakan:

    Bang-bang..salam kenal

    Disurabaya viewer yang model L dijual dimana ya?pengen

    Trus brp ya harganya?
    Mohon infonya ya bang…😀

  23. Donny hobijadul shop mengatakan:

    Hallo..salam kenal…ulasannya bagus banget..minta ijin Copas ya…..

  24. Ikho mengatakan:

    kalau mau beli viewer itu dimana ya???

  25. andre mengatakan:

    Saya jual sebagian koleksi saya di kaskus. Masukkan saja keyword viewmaster di kaskus jual beli

  26. agustin mengatakan:

    saya mau beli view master yang baru beserta reelnya, ada yang bisa membantu saya dmn belinya?

  27. andre mengatakan:

    Hi Agustin,
    Di kidzstation ada, tapi reel2nya hanya film2 animasi. Saya juga pernah lihat di carrefour, di bagian mainan anak2. Saya rasa di toko2 mainan yang menjual mainan import biasanya ada.

  28. darra mengatakan:

    mo ncari sreen film nya jual dimana yah….kalo bisa di sputaran bandung

  29. René mengatakan:

    Di Mana ada komunitas Viewmaster di Bandung ? Saya memiliki berbagai alat2 VM di belanda. Apabila anda mempunyai perhatian terhadap item ini, maka hubungilah r.manneveld@gmail.com atau Facebook halaman 2D-3D.

  30. Thomas mengatakan:

    guys, 3D view master ini ada versi KW-nya tidak? beli dmana? berapaan? mau pesen banyak nih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: