Membuat Peta Kedalaman (depth map)

(click here to read in English)

Keberhasilan konversi 2D ke 3D adalah ketika menafsirkan secara logis gambar yang akan dikonversi menjadi gambar stereo. Artikel berikut merupakan kelanjutan dari artikel Mengubah foto 2D menjadi 3D. Di sini akan dibahas lebih jauh tentang cara membuat peta kedalaman  se-‘realistis’ mungkin.

 

Peta Kedalaman

Cobalah mengamati peta kedalaman pada gambar ini, maka  terlihat seperti peta kontur dimana area yang memilki kedalaman sama akan diwakili oleh tingkat keabu-abuan yang sama juga.  Tidak sulit memahaminya jika anda sudah mengenal  peta kontur. Garis-garis dengan nilai tertentu pada peta kontur menunjukkan bahwa ketinggian yang sama pada suatu permukaan.

proses konversi dari gambar 2D, peta kedalaman dan hasil akhir menjadi gambar 3D

proses konversi dari gambar 2D, peta kedalaman dan hasil akhir menjadi gambar 3D

 

Langkah demi langkah, cara membuat Peta Kedalaman

PERTAMA, Untuk mempermudah pembuatan peta kedalaman dan interpretasi gambar datar (2D). Pertama-tama, adalah untuk merancang garis kontur. Di bawah ini adalah interpretasi yang paling dekat dari kedalaman yang diwakili oleh garis kontur.

Langkah pertama, membuat garis kontur

Langkah pertama, membuat garis kontur

Catatan: Pastikan agar setiap garis kontur adalah kurva tertutup. Ini akan memudahkan nantinya  ketika mengisi warna keabuan dengan memakai ‘bucket fill tool’ pada GIMP.  Pembuatan garis kontur ini ditaruh pada layer tersendiri.

 

KEDUA, Membuat sketsa sederhana dari pandangan atas (top view) untuk membantu penentuan tingkat keabu-abuan dengan skala yang pasti dan konsisten.

step2 related to grayscale to topview map

 

KETIGA, Selanjutnya, mengisi kurva  kontur dengan warna sesuai dangan tingkat keabuan yang sudah ditentukan. Lihat contoh di bawah, sketsa baju lengan pada ‘orang yang kedua’ adalah diisi dengan skala warna abu-abu  50.

step3 to fill in gray related borderT

Ingat, gambar peta kedalaman dibuat dalam layer terpisah dengan layer ‘garis kontur’. Lanjutkan mengisi tingkat abu-abu pada kurva berikutnya.

step3a to fill in gray related borderT

 

KEEMPAT, Setelah terisi semua, maka langkah selanjutnya untuk mengisi celah dengan warna abu-abu yang bersebelahan dengan celahnya.

step4 to clean upl inborder gapT

step4a to clean upl inborder gapT

Akhirnya, peta kedalaman dari gambar 2D telah selesai. Perhatikan bahwa objek yang lebih dalam (menjauh) terlihat lebih gelap. Peta kedalaman ini akan digunakan oleh aplikasi GIMP untuk menggeser piksel. Cara menggeser piksel dapat dilihat di link artikel ini Mengubah foto 2D menjadi 3D.

 

Catatan:

Tulisan ini masih diupdate & dikoreksi, namun langkah-langkah utama di atas sudah dapat membantu dalam pembuatan peta kedalaman.

Gambar 2D aslinya tertulis pada halaman flickr Gambar hasil konversi di bawah ini. Klik gambar tersebut untuk menuju situs flickr.
TOS 010 Andrea - anaglyph

http://phereo.com/e/embed/5422bf15d475febb420000f9/sidebyside/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: