TV 3D di Indonesia – Japan Expo

Senin kemarin 3 Nov 2008, saya & Suryo berniat mau menyaksikan film 3D di Indonesia – Japan EXPO, Kemayoran Jakarta Ternyata jam pemutaran pagi hari hingga jam 2 siang hanya ditujukan untuk anak sekolah saja. Sedangkan pengunjung umum mendapat jadwal setelahnya. Coba-coba membujuk petugas agar kita bisa masuk, rasanya juga tidak mungkin, pengujung anak sekolah sangat ramai dan antusias menonton film 3D, antrian yg sangat panjang.

Namun kekecewaan kami tergantikan juga, di dekat pintuk masuk bioskop 3D ada TV 3D yg dipamerkan. TV ini memakai teklonogi LCD yg dirancang khusus, sedemikian sehingga penonton bisa menyaksikan sensasi 3D dng kaca mata pasif yg mirip dng kaca mata 3D polarisasi.
tv_3d_expo
Teknik TV 3D spt ini adalah pertama kali saya melihatnya. Umumnya untk melihat TV atau Monitor secara Tiga Demensi memerlukan kaca mata shutter lyquid crystal, yg berkedip kiri-kanan secara begantian dlm waktu seperkian detik. Dimana kaca mata shutter lyquid crytal harus terhubung dng kabel ke player (DVD player) agar kedipan bergantian kiri-kanan akan serempak dng tampilan gambar kiri dan kanan pada layar TV. TV 3D yg saya lihat di expo tidak memerlukam kabel antara TV dan kacamata.

Bila diamati lebih dekat (bila dibanding tanpa kaca mata dan dng kaca mata), disperasi gambar kiri kanan mirip spt gambar 3D interlanced, yaitu gambar kiri pada line ganjil dan kana pada line genap (atau sebaliknya). Menurut penjaga TV LCD ini telah dilapisi semacam filter, kemungkinan mirip filter polarisasi yg memfilter seusai garis interlaced.
tv_3d_expo_
Biarpun pemisahan gambar kiri dan kana diselang-seling pada garis horizontal genap dan ganjil, tetapi resolusi gambar dari TV 3D tdk kasar atau bergaris-garis spt halnya pada TV biasa. TIdak heran krn materi film yg diputar adalah film high definition pada monitor LCD High Definition.

Minggu ini bila tidak ada halangan, saya penasaran dng bioskop 3D….mudah2an bisa balik ke Indonesia – Japan Expo

Satu Balasan ke TV 3D di Indonesia – Japan Expo

  1. […] TV 3D (cerita lanjutan dari artikel sebelumnya) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: