View-Master IV: Ensiklopedia dalam 3-D

Inilah seri reel View-Master yang bagi saya paling menarik.  View-Master yang selama ini kita ingat hanya sebagai mainan anak-anak, ternyata dapat menjadi sesuatu yang ‘serius’.  Bayangkan Anda mempelajari Fisika, Sejarah, atau Biologi dengan bantuan penjelasan dan gambar dalam 3 dimensi.

Reel berjudul Matter and Energy dari View-Master Science Series misalnya berisikan gambar-gambar berbagai percobaan fisika mulai dari percobaan timbangan, bejana berhubungan, hingga katrol dan percobaan Archimedes.  Dan hebatnya, semuanya dalam 3 dimensi sehingga dengan melihatnya seolah-olah kita berada dalam sebuah laboratorium fisika.  Sementara itu bookletnya sendiri memberikan penjelasan untuk masing-masing gambar disertai dengan berbagai ilustrasi yang membantu kita memahami lebih lanjut gambar-gambar yang kita lihat.

booklet

Inilah beberapa judul reel set View-Master World of Science yang saya miliki:  Wonders of the Deep, Airplanes of the World, Prehistoric Life – Paleontology, Wild Animals of the World, Exploring the Universe – Astronomy, Probing the Past – Archeology, The Balance of Nature – Ecology, dan Fish Life – Ichtiology.

world-of-science1

Sementara ketiga reel set di bawah ini adalah View-Master Science Series (kemungkinan ini adalah sebutan yang lama ketika View-Master masih diproduksi oleh Sawyer): Our Planet Earth – Geology, The Plant Kingdom – Botany, dan Birds of the World – Ornithology.

science-series

Ada pula beberapa reel set yang berhubungan dengan misi luar angkasa AS, yang dipersiapkan sejak tahun 1959.  Foto yang ditampilkan mulai dari training awak pesawat ulang alik, keadaan ruang kendali misi di Houston, tour di Kennedy Space Center, hingga peluncuran Apollo yang semuanya dalam 3 dimensi.  Sementara itu foto-foto pendaratan di bulan ditampilkan sesuai aslinya dalam 2 dimensi.

space-exploration-series

Reel set berikut tidak termasuk dalam Science Series, tetapi menurut saya menarik untuk diulas.  Yang pertama adalah reel set berjudul Famous STAMPS. Reel set ini berisikan foto-foto lebih dari 50 perangko dan sampul hari pertama yang paling bersejarah, menarik, dan berharga.  Salah satunya adalah perangko pertama di dunia, yaitu The One Penny Black yang diterbitkan di Inggris tahun 1840.  Efek 3 dimensi yang ditampilkan di sini adalah perangko-perangko tersebut seolah-olah melayang di atas background.

stamp

2 Balasan ke View-Master IV: Ensiklopedia dalam 3-D

  1. tata mengatakan:

    Mas koleksinya keren2 nie:D, pengen deh punya viewer yg c, mas kira2 viewer yg besi gitu harganya berapa ya?

  2. andre mengatakan:

    @tata: Kebetulan saya masih punya beberapa. Silakan kontak saya di andre_purnomo@hotmail.com. Tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: