View-Master III: Berkeliling Dunia dengan View-Master

Foto-foto mengenai tempat-tempat terkenal di dunia mungkin bisa kita dapatkan dengan mudah di internet. Tetapi dengan View-Master gambar-gambar itu menjadi istimewa karena kita akan merasa seolah-olah sedang berada di tempat tersebut!

ViewMaster memang pada awalnya dimaksudkan sebagai pengganti kartu pos yang dijual sebagai cinderamata di tempat-tempat wisata. Itulah sebabnya, View-Master memiliki banyak sekali koleksi scenic reel sets. Koleksinya begitu beragam dan mencapai ribuan judul mulai dari tempat-tempat di Amerika yang dikelompokkan dalam United States Travel Series, hingga negara-negara di dunia dalam World Travel Series dan Nations of The World Series. United Travel Series sendiri bahkan masih dibagi ke dalam beberapa kelompok misalnya, National Parks Series, Historic America Series, State Tour Series, dsb.

United State Travel Series

Pada tahun 1951 produsen View-Master saat itu yaitu Sawyer’s Inc. mendapat lisensi untuk mempromosikan Disneyland yang baru dibuka. Karena itu View-Master juga memiliki reel set yang dikelompokkan dalam The Wonderful World of Disneyland Series

Disneyland

Setiap paket berupa sampul berukuran 11,5cm x 11,5cm berisikan 3 buah reel, 1 amplop reel, 1 buklet/storybook, dan 1 lembar order form (formulir pemesanan – berisi daftar paket reel yang dapat dipesan melalui pos).

Khusus paket reel dari Nations of the World Series dan Souvenir Pak Series, disertakan juga satu keping mata uang dan perangko dari negara yang bersangkutan.  Souvenir Pak Series bahkan menyertakan satu lembar miniatur bendera dan partitur lagu kebangsaan negara tersebut.

Nations of the World Series

Souvenir Pak Series

Bagian depan dan belakang sampul Souvenir Pak Series

Reel set The Capitol, Washington D.C., USA.  Sebelah kiri adalah reel paket produksi 1967, lengkap dengan buklet.  Sebelah kanan adalah produksi tahun 2001, berupa blister pack tanpa buklet dan berisikan foto-foto yang identik dengan reel paket produksi 1967.

View-Master juga mengeluarkan reel set dalam satu container kecil berisi 7 hingga 10 reel.  Biasanya dijual bersama viewernya dengan tema tertentu.  Gambar di bawah adalah reel set bertema America’s Scenic Wonders berisi 7 reel.

Indonesia dalam View-Master?  Hehe… tentu saja ada.  Di bawah ini adalah paket reel berjudul Island of Bali produksi 1962.  Reel-reelnya berisikan gambar-gambar lanskap Bali, beberapa pura, penari Legong, hingga Ngaben atau upacara pembakaran jenazah.  Perhatikan sampul depan bukletnya yang bergambar peta Bali lengkap dengan lambang negara Garuda Pancasila.  Pada judulnya tertulis: View-Master Guidebooklet to BALI (INDONESIA).  Sampul belakang buklet ini bergambar peta Indonesia, minus Papua.

Island of Bali

Nah, terakhir, perhatikan paket reel View-Master di bawah ini🙂

Ini adalah paket reel New York World’s Fair 1964/1965 Series dengan tema International Area.  Rupanya Paviliun Indonesia begitu menarik sehingga View-Master menampilkannya di sampul depan paket reel ini.

Satu Balasan ke View-Master III: Berkeliling Dunia dengan View-Master

  1. iful3d mengatakan:

    Wuih..ada yg ttg Indonesia juga ya? ini barang langka sekale. Salut mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: