Resensi – Koleksi buku 3D dlm Desember 2007

Sdh dua buku 3Dimensi yg terbeli oleh saya, akhir tahun kemarin. Kedua buku tsb sama-sama memakai teknik Anaglyph dan yg berbeda adalah: buku yg satu ditujukan untuk anak-anak dan yg satunya dikhususkan untuk pembaca orang dewasa. Yup, ..benar2 untuk ‘dewasa’.

“The 3D Dinosaurs Book”
Ok. kita lihat dulu buku yg ditujukan untuk anak-anak, yaitu “The 3D Dinosaurs Book” [terbitan dari Tormont Publication – Canada]. Buku yg saya beli di PIM 1 memiliki ukuran sangat lebar (besar) dan berbahasa Ingris . Bila dibandingkan buku 3D yg mirip sebelumnya yaitu “Walking with Dinosaurus”, cetakan & kualitas buku ini tidak terlalu istimewa, krn teknik anaglyph yg dipakai bukan yg berwarna melainkan hitam-putih dan tidak terlalu kontras. Sehingga hasil 3 D -nya tidak terlalu ‘wah’. Hasil yg terbaik bila kita melihatnya dalam kondisi ruang yg cukup terang atau siang hari. Walau ukuran buku terlalu besar, namun sayangnya masing-masing gambar 3D tidak sebesar halamannya. Ini beda jauh dng buku “Walking with Dinosaurs”, dimana foto-foto 3D yg diambil dari film dokumenter – BBC yg berjudul sama memiliki ukuran foto sebesar halaman bukunya……cukup puas lah.

Perbandingan halaman depan antara “The 3D Dinosaurs Book” dng “Walking With Dinosaurs 3D Dinosaurs”

Perbandingan halaman depan antara “The 3D Dinosaurs Book” dng “Walking With Dinosaurs 3D Dinosaurs”

Tata letak halaman kedua buku

Tata letak halaman kedua buku

Bagi saya buku 3D – Dinosaurus yg berkesan adalah “Walking With Dinosaurs” [terbitan D.K.], buku ini sdh naik cetak beberapa kali dan sdh dicetak beberapa kali juga dalam bahasa indonesia. Namun saat ini, sudah sulit ditemui, jadi anggaplah buku “The 3D Dinosaurs Book” sebagai penggantinya. Saya tidak menuliskan ISBN dari kedua buku tsb krn terlalu banyak penerbit masing2 negara yg mencetaknya dng nomor ISBN sendiri-sendiri.

Harga buku “The 3D Dinosaurs Book” adalah Rp 65 ribu terasa menjadi mahal krn buku ini tidak ‘sehebat’ “Walking with Dinosaurs”, namun ngga ada salahnya untuk di koleksi, soalnya buku spt ini sangat jarang didapat di toko buku. Waktu saya membeli masih ada 3 copy yg tersegel dan satu copy untuk dilihat.

“SensationalSex “
TheWordFirst 3DGuide ToTrulySensationalSEX
Wah…dari judulnya sdh jelas ini untuk orang dewasa. Buku ini saya beli di toko buku Aksara – kemang, waktu itu tersedia 2 copy, terbungkus plastik dan yg satu lagi sdh terbuka. Yg membuat penasaran dan ingin tahu adalah layout buku ini tidak sama dng buku sex education yg lainnya……perasaan saya mengatakan buku ini pasti memiliki cara penyajiannya berbeda…..Yup benar, setelah diteliti ternyata ini adalah buku 3Dimensi!!!

sensatio_cov.jpg

Akhirnya ketemu juga buku 3D yg memanfaatkan pencerapan kedalaman pada buku yg bukan sebagai barang ‘mainan’. Apa yg diharapkan dari penulis – Suzie Hayman memang tidak salah, setelah melihat satu persatu foto-foto pada buku ini, sensasi yng diharapakan dari sex-education lebih ‘terasa’.

Kualitas foto anaglyph sangat bagus dan didukung kaca mata yg lebar dan filter yg bermutu, sehingga ‘ghost’ atau bayangan krn filter yg jelek hampir sulit didapat. Dengan teknik 3D yg simpel (tidak berlebih-lebihan)…foto-foto dari dua insan yg sedang ber’cinta’ serasa lebih hidup dan sensual.

sensatio_page.jpg

Yg membuat agak mengganggu adalah layout foto yg diletakkan diantara lipatan(jilid) buku. Dan buku itu sendiri tidak bisa dibuka rata, sehingga gambar terdistorsi ditengah-tengah. Mungkin maksudnya supaya tidak bisa di ‘scan’ =D

Oya, harga Rp 180an ribu, menjadi terasa tidak mahal karena buku ini ber’hardcover’, lux, berwarna serta kaca mata 3D yg berkualitas.

salam

5 Balasan ke Resensi – Koleksi buku 3D dlm Desember 2007

  1. rhanty mengatakan:

    bisa pesan ga tapi fotonya pake foto kita sendiri? tolong informasinya yaaaaa terima kasih banyaak🙂

  2. rhanty mengatakan:

    bisa mesan pake foto kita sendiri ga? tolong minta informasi nya terima kasih:)

    • iful3d mengatakan:

      Photo 3D anaglyph, bisa cetak sendiri ,koq,…. gampang dan tidak perlu alat-alat khusus, cukup pake printer berwarna.
      Jadi bisa buat sendiri di rumah, buku yg berisi koleksi foto 3D kita.

  3. andri zs mengatakan:

    di mana pesan buku 3 dimensi ini di indonesia?..
    di bls scepatnya y..

    • iful3d mengatakan:

      Sekarang rasanya salah satu buku 3D di atas dapat ditemukan toko buku umum, seperti Gramedia, Gunung Agung, Periplus, Kinokuniya. Kebanyakan buku anak-anak, sedangkan buku non-anak-anak higga khusus untuk dewasa sangat jarang (bahkan tidak ada sama sekali di toko buku Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: