Membuat Sendiri Foto 3D Anaglyph dng GIMP atau Photoshop

Membuat foto 3D anaglyph dng software SPM (buatan Masuji SUTO) sebenarnya lebih mudah dan cepat. Selain gratis, fitur-fitur SPM sudah sangat lengkap. Namun tidak ada salah untuk mencoba membuat foto stereo anaglyph dng software pengolah foto yg populer dan sering dipakai oleh para photografer, yaitu GIMP dan Photoshop.

Dengan GIMP
ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan sepasang foto stereo yg ingin dibuat anaglyph dng GIMP. Foto stereo adalah dua foto yg kelihatan kembar namun memiliki sudut pandang yg berbeda, hal yg sama pada mata manusia. Foto boleh dari hasil scan atau foto dari kemera digital.
  2. Buka foto kanan melalui GIMP dng klik File > Open. Kemudian buka foto kiri pada jendela kerja yg sama dengan cara File > Open as Layer, dan kemudian pilih foto kiri. Foto kanan dan kiri, menjadi satu file tapi berbeda layer, dimana foto kiri di bawah layer foto kanan.
  3. Selanjutnya dari color selector, pilih color #FF0000 (bright red). Ini sama dengan RGB dng nilai R=255 G=000 B=000.
  4. Buat sebuah layer persis di atas layer foto kiri. Isi layer baru tsb dng warna di atas.
  5. Duplikasikan layer ini dng cara Layer > Duplicate Layer dan dilanjutkan dng klik Color > Invert. Maka layer duplikat ini menjadi warna cyan. Ini sama dng RGB dng nilai R=000 G=255 B=255. Langkah no. 5 ini, boleh juga dng cara mengulang langkah 3 dan 4 tetapi dng warna cyan.
  6. Sekarang sdh terbentuk 4 layer, foto kiri (layer terbawah), layer merah, foto kanan dan diatasnya layer cyan, spt dicontohkan pada gambar berikut.

    buatlah posisi layer spt ini pada GIMP anda

    buatlah posisi layer spt ini pada GIMP anda

  7. Jika anda ingin mengatur kedua gambar kiri dan kanan dan perbedaan paralax yg tepat, anda tinggal mematikan layer merah dan cyan dng mengklik icon mata pada window/tab layers. Kemudian ‘Opacity’ layer foto kanan diatur 50% supaya perbedaannya terlihat. Pastikan kedua foto sama secara vertikal dng mengeser-geser layer foto kiri. Setelah selesai kembalikan opacity layer foto kanan kembali ke 100%.
  8. Ubah ‘Mode’ masih-masing layer cyan dan layer merah dari ‘Normal’ ke ‘Screen’. Kotak pilihan ‘Mode’ persis di atas tombol geser opacity.
  9. Langkah selanjutnya, menggabungkan layer foto kanan dng cyan menjadi satu layer. Caranya, matikan dulu layer foto kiri dan layer merah dng mengklik icon mata layer foto dan layer merah. Gabungkan cyan dan foto kanan, melalui klik Image > Merge Visible Layers, lalu klik OK. Anda akan lihat foto menjadi cyan yg mencolok.

    ngga' usah kuatir fotonya jd spt ini masih ada tahap berikut...

    ngga' usah kuatir fotonya jd spt ini masih ada tahap berikut...

  10. Matikan layer gabungan cyan/kanan tadi (klik icon mata), dan menghidupkan kembalik layer foto kiri dan layer merah. Lakukan penggabungan layer foto kiri dan layer merah dng cara spt langkah no. 9:Image > Merge Visible Layers, lalu klik OK. Anda akan lihat layer baru dng foto menjadi merah yg mencolok.
    ingat ketika menggabungkan (merge), jangan lupa menyembunyikan hasil 'merge' yg sebelumnya dng cara klik icon mata hingga tersembunyi.

    ingat ketika menggabungkan (merge), jangan lupa menyembunyikan hasil 'merge' yg sebelumnya dng cara klik icon mata hingga tersembunyi.

  11. Hidupkan kembali layer gabungan layer cyan/foto kanan dan pilih layer tersebut. Selanjutnya ubah ‘Mode’ layer ini (layer paling atas dari kedua baru hasil layer gabungan tadi) dari ‘Normal’ ke ‘Multiply’. Ok…berhasil, khan?. Pasang kaca mata anaglyph anda (red di kanan, cyan di kiri). Crop, hasil akhirnya dng buang pinggir-pinggir gambar yg tidak saling berhimpit. Save as sebagai JPG atau lainnya.

    perhatikan layer mode pada layer paling atas

    perhatikan layer mode pada layer paling atas

Intisari Membuat Anaglyph dng GIMP

  • Foto kiri dan foto kanan dalam satu file dng beda layer.
  • Tambahkan Layer Warna Cyan dan Merah di atas foto kiri/kanan. Mode layer warna tsb adalah Screen, dan kemudian digabung (merge) -> misal: Cyan/foto kiri dan Merah/foto kanan.
  • Hasil gabungan Layer Warna dan Foto (misal: Cyan/foto kiri dan Merah/foto kanan) akan menjadi foto anaglyph bila mode layer teratas diubah menjadi Multiply.

Dengan PHOTOSHOP
Langkah-langkah di atas dapat juga diterapkan di Photoshop. Istilah Mode layer pada photoshop biasanya disebut Blending. Namun dalam Photoshop CS2 keatas terdapat pengaturan Blending yg lebih detil, sehingga langkah-langkah di atas dpt lebih ringkas dan cepat.

  1. Siapkan foto kiri dan kanan dalam satu file dng beda layer.
  2. Klik kanan pada layer teratas. Anda akan melihat pop-up menu, kemudian pilih ‘Blending Option’ (catatan: ini tersedia Photosop CS2 dan tidak tersedia pada Photoshop Element)
  3. Setelah itu akan muncul window ‘Layer Style’. Lakukan ‘uncheck’ warna R pada ‘Advanced Blending. Lihat gambar di bawah. Kemudian tekan OK.
  4. Seketika Ok ditekan, tampilan foto langsung menjadi foto anaglyph. Atur kesamaan vertikal antara dua foto tsb sebelum di ‘save’ sebagai hasil akhir.

Intisari membuat anaglyph dng Photoshop CS

  • Foto kiri dan kanan dalam satu file dng beda layer
  • ‘Uncheck’ warna merah (channel Red), pada menu Advanced Blending, ini dilakukan hanya pada layer foto teratas.

Bagi pemakai Photoshop Element,

  • Karena tidak tersedianya pilihan advanced blending, maka pembuatan foto 3D anaglyph dpt meniru langkah-langkah spt GIMP.

Salam

Referensi:

Creating 3D anaglyph with The GIMP

About these ads

15 Balasan ke Membuat Sendiri Foto 3D Anaglyph dng GIMP atau Photoshop

  1. Omen mengatakan:

    keren euy…Ilmunya !!! kirim dong ke emailku. thanks so much..!!!

  2. iful3d mengatakan:

    mau dikirim yg mana mas?
    ikut aja ke mailing list kita, bisa diskusi lebih lanjut.

  3. stainless tanks mengatakan:

    Bagus sangat bermanfaat sekali
    Salam kenal.

  4. tengkyu banget elmu nya om,..sangat berguna !!

  5. amar riyadi mengatakan:

    Apa bisa membuat foto 3D menggunakan adobe photoshop 7?

  6. cule mengatakan:

    muantab niy ilmu nya agannn
    bermanfaat banget hatur nuhun ahh…

  7. angga mengatakan:

    bang kalo yang buat photoshop CS5 bisa ga ???

  8. Deni mengatakan:

    Mau nanya, Ini 3D dilihat dgn mata biasa atau dgn menggunakan kacamata 3D ? Thx

  9. ferdy mengatakan:

    saya dah coba beberapa kali . tapi hasilnya belom maxsimal . apa kualitas kaca mata 3d nya berpengaruh besar y ?

    • iful3d mengatakan:

      Yup, benar kualitas kacamata mesti sesuai.
      filter merah pada kacamata –> diusahakan benar2 merah bukan agak ke jingga.

      tips yg lain, boleh dicoba adalah teknik anaglyph ‘half color’ artinya dari dua gambar stereo (kiri dan kanan) salah satunya dibuat hitam putih. (misal gambar kiri –> dibuat black & white sedangkan yg kanan tetep berwarna).
      dengan cara ‘half color’ ini sangat membantu mengurangi ghosting (berbayang).

      cheers

  10. aris oki mengatakan:

    siip ,……….perlu dicoba

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: